DEMONSTRASI YOGA PART 2, PERSEMBAHAN TERAKHIR IHDN DENPASAR DI BULAN BAHASA BALI 2020

DEMONSTRASI YOGA PART 2, PERSEMBAHAN TERAKHIR IHDN DENPASAR DI BULAN BAHASA BALI 2020

Jumat pagi (21/2), Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar kembali mengadakan Demonstrasi Yoga bertempat di halaman Madya Mandala, Taman Budaya Art Center, Denpasar, Bali. Demonstrasi Yoga Part 2 kali ini diikuti oleh berbagai peserta mulai dari pelajar SMP, Mahasiswa, hingga masyarakat umum. Kegiatan ini juga menjadi persembahan terakhir oleh IHDN Denpasar serangkaian Bulan Bahasa Bali 2020 yang kurang lebih seminggu lagi akan ditutup.

Salah satu peserta Demonstrasi Yoga, sekaligus Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), I Gusti Agung Ayu Dewi Wikantari mengatakan setelah mengikuti kegiatan ini badannya menjadi lebih segar dan pikirannya menjadi lebih tenang, dirinya juga berharap kedepannya kegiatan seperti ini lebih banyak lagi.

“Harapanku kedepannya, khususnya UKM Yoga IHDN Denpasar bisa menyelenggarakan agenda serupa dengan menarik minat peserta yang lebih banyak lagi, bila perlu datangkan praktisi yoga sebagai pemandu dalam pelaksanaannya” Imbuhnya.

Menurut penuturan Ni Komang Arik Yunitri selaku salah satu Instruktur Yoga dalam kegiatan ini, urutan kegiatan Yoga Asanas dalam Demonstrasi Yoga kali ini hampir sama dengan yang pertama, yaitu diawali dari Asanas duduk, yang kedua penenangan, yang ketiga ada doa pembuka, yang keempat ada Pranayama atau pengaturan pernapasan, yang keempat ada Pavanamuktasana atau pemanasan, yang kelima ada Surya Namaskara, yang keenam ada Savasana atau pendinginan, dan terakhir doa penutup. Bedanya hanya, dalam Demonstrasi Yoga part 2 ini, gerakannya lebih terfokus pada penyelarasan pernapasan dalam setiap gerakan.

“Untuk tahap gerakan dalam Demonstrasi Yoga kali ini hampir sama dengan yang pertama, bedanya hanya gerakan yoga kali ini lebih terfokus pada penyelasaran pernafasan sehingga dalam setiap gerakan mendapat manfaat dalam tubuh  guna memahami dan merasakan badan masing-masing” Imbuhnya

Terkait jumlah peserta, Demonstrasi Yoga kali ini juga lebih semarak karena diikuti kurang lebih 200 orang, dan dihadiri juga oleh Wakil Rektor 3 IHDN Denpasar, Bapak Dr. Drs. Ida Bagus Gede Candrawan, M.Ag, Ketua DPM IHDN Denpasar, serta Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IHDN Denpasar. Hal ini tak lepas dari peran BEM IHDN Denpasar yang bertugas menjadi pengawas, penggerak sekaligus ikut berpartisipasi sebagai peserta sehingga membuat peserta Demonstrasi Yoga kali ini tentunya lebih banyak dan semarak dibandingkan Demonstrasi pertama yang hanya dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta. Terkait hal ini, Instruktur Yoga sekaligus anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Yoga ini juga sempat kaget dan mengucapkan terimakasih terhadap antusias peserta, dirinya juga berharap agar kedepannya para peserta terutama dari Mahasiswa IHDN Denpasar lebih rajin melakukan latihan Yoga.

“Saya berterimakasih terhadap antusias peserta dan berharap setiap orang terutama mahasiswa IHDN Denpasar lebih rajin melakukan latihan yoga, karena manfaatnya sangat banyak sekali tidak hanya untuk kesehatan fisik, tapi untuk  kesehatan bathin juga” Tutupnya. (Darma)