KULIAH UMUM MAHASISWA FAKULTAS DHARMA DUTA BERSAMA BANK INDONESIA “EKONOMI, PERBANKAN, DAN MONETER”

KULIAH UMUM MAHASISWA FAKULTAS DHARMA DUTA BERSAMA BANK INDONESIA “EKONOMI, PERBANKAN, DAN MONETER”

Fakultas Dharma Duta Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Bersama Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum, Selasa (8/10). Kuliah Umum mahasiswa Fakultas Dharma Duta Bersama Bank Indonesia yang bertemakan Ekonomi, Perbankan, dan Moneter. Kegiatan Kuliah Umum ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Dharma Duta Ibu Dr. Dra. Ida Ayu Tary Puspa, S.Ag,. M.Par , dan kegiatan ini menghadirkan dua narasumber antara lain :  Bapak Trisno Nugroho, S.E,. MBA dari Bank Indonesia selaku Direktur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan narasumber yang kedua oleh Bapak Dr. I Nyoman Bontot, S.TP,. M.Fil.H selaku Dosen Fakultas Dharma Duta IHDN Denpasar, dan moderator dipandu oleh Ibu Astrid Krisdayanti, S.E., M.Si yang merupakan juga salah satu dosen di Fakultas Dharma Duta.

Dekan Fakultas Dharma Duta dengan sambutannya mengatakan “Terima kasih sebelumnya kepada bapak Trisno Nugroho, kami dari Fakultas Dharma Duta merasa sangat terbantu atas kehadiran BI Corner  dan memohon bantuan untuk tiap tahunnya diberikan tambahan buku-buku dan termasuk juga tentang buku ekonomi, karena sebentar lagi sesuai dengan apa yang  Rektor IHDN canangkan dan telah visitasi akan dibuka Fakultas Ekonomi sebagai tambahan fakultas yang telah ada, setelah kampus IHDN berubah status menjadi Universitas” Ucap ibu Dr. Dra. Ida Ayu Tary Puspa, S.Ag,. M.Par diiringi tepuk tangan oleh peserta Kuliah Umum.

Kemudian Ibu Dekan menyampaikan “mohon untuk peserta Kuliah Umum menyimak dengan baik karena sebenarnya ekonomi juga dapat dipandang dari perspektif Agama Hindu, baik dari segi ekonomi, perbankan maupun moneter yang banyak terdapat dalam  weda salah satunya dalam kitap Arthasastra”.

Lanjut Ibu Astrid Krisdayanti, S.E,. M.Si selaku Moderator mengambil alih jalanya acara, sebelumnya akan membacakan daftar riwayat hidup masing masing narasumber kemudian memberikan kesempatanya untuk memaparkan materi dari kedua narasumber, dengan mempersingkat waktu, Ibu moderator memberikan kesempatan pertama untuk Bapak Trisno Nugroho selaku Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali memaparkan materi kuliah umumnya yang bertemakan Pengenalan Kebanksetralan yang salah satunya tentang fungsi dan tugas Bank Indonesia. “Pulau Bali merupakan pintu pertama dan terbesar sebagai tempat WISMAN (wisatawan mancanegara) masuk di Indonesia dan tidak ada provinsi sebesar Bali di Indonesia yang bisa menarik pariwisata karena pariwisata merupakan tulang punggung Bali, makanya kita semua harus jaga Bali agar tetap menarik, pelihara budayanya, pelihara keramah tamahannya, pelihara lingkugan maka wisatawan akan datang” Ucap Bapak Trisno Nugroho, S.E,. MBA.

Kemudian moderator memberikan kesempatan kepada Bapak Dr.I Nyoman Bontot, S.TP,. M.Fil.H selaku narasumber kedua untuk memaparkan materi bertemakan Ekonomi Hindu. Menurut beliau konsep ekonomi dalam ajaran Agama Hindu, diajarkan dalam : (1) Weda (Req Veda, Yajurveda, Atharvaveda, memuat konsep : harta kekayaan, kemakmuran, penggunaan kekayaan, kesejahteraan, perdagangan/perniagaan, dan hukum warisan), (2) Dharmasastra (hukum bisnis), (3) Arthasastra (politik ekonomi, bisnis, pengupahan, persediaan, pajak, akuntansi, pendapatan negara, audit, alat tukar/uang), (4) Sarasamuccaya (manajemen keuangan keluarga), (5) Bhagawadgita (etos kerja).