GANDENG ORKEMAS DI KETIGA FAKULTAS, BEM IHDN DENPASAR LAKSANAKAN KEGIATAN SIMAKRAMA

GANDENG ORKEMAS DI KETIGA FAKULTAS, BEM IHDN DENPASAR LAKSANAKAN KEGIATAN SIMAKRAMA

Sebuah Organisasi akan sulit berdiri tanpa adanya jalinan yang kuat dengan organisasi lainnya. Untuk itulah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar melaksanakan kegiatan untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan Organisasi Kemahasiswaan (Orkemas) di ketiga Fakultas dalam satu ikatan kata yang disebut “SIMAKRAMA”. Kegiatan Simakrama ini dilakukan selama tiga kali, yang pertama bersama Orkemas Fakultas Brahma Widya (28/1) yang bertempat di Gedung Nakula Sthana Fakultas Brahma Widya, yang kedua bersama Orkemas Fakultas Dharma Acarya (2/2) yang bertempat di Gedung Rektorat Kampus Bangli IHDN Denpasar, dan yang ketiga bersama Orkemas Fakultas Dharma Duta (5/2) yang  bertempat di Gedung Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali.

Simakrama ini merupakan kegiatan yang berusaha untuk memperkenalkan anggota kepengurusan dan program kerja dari kedua organisasi, sehingga kedepannya dapat saling bahu-membahu dalam menjalankan program kerja. Tetapi lebih dari itu kegiatan ini diharapkan dapat menambah eratnya tali solidaritas, sinergitas, dan komunikasi yang baik diantara organisasi. Kegiatan Simakrama ini diawali sambutan dari  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari masing-masing Fakultas dan Presiden Mahasiswa (Presma) IHDN Denpasar. Setelah sambutan, kegiatan Simakrama pun dilanjutkan ke acara inti yaitu pengenalan anggota dan pemaparan program kerja di masing-masing organisasi yang disertai juga dengan sesi tanya jawab terkait program kerja yang kurang jelas, dan terakhir kegiatan pun ditutup dengan acara foto bersama.

Presma IHDN Denpasar, Ida Bagus Putu Adnyana, dalam sambutannya di Simakrama bersama Orkemas Fakultas Dharma Duta Rabu (5/2) lalu mengatakan, kegiatan Simakrama yang BEM laksanakan sekarang ini merupakan Simakrama yang ketiga kalinya setelah bersama Orkemas Fakultas Brahma Widya dan Orkemas Dharma Acarya. Tetapi lebih dari itu, kegiatan Simakrama ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh kepengurusan BEM dari awal terbentuknya IHDN Denpasar. Harapannya, dengan kegiatan ini, antar anggota organisasi dapat saling mengenal, bersatu bahu-membahu menjalankan setiap program kerja, sehingga tidak ada kompetisi negatif antar organisasi yang saling menjatuhkan. Presma IHDN Denpasar yang lebih akrab disapa Gustu ini juga berpesan, agar Organisasi Kemahasiswaan tidak segan memberikan kritik kepada Organisasi Kemahasiswaan lainnya termasuk BEM Institut, tetapi dengan catatan, kritik itu membangun dan disampaikan secara terbuka dan jangan diumbar dibelakang.

“Jika yang  kami buat  benar, maka dukunglah kami, jika kami salah jalan, maka kritiklah kami, tetapi jangan mengumbar kejelekan di luar dan mengkritik di belakang, karena selain itu bersifat menjatuhkan, itu sangat tidak bagus sekali karena malah membuat citra buruk untuk IHDN Denpasar, dan membuat kita tidak harmonis, tetapi cobalah terbuka untuk memberikan kritikan langsung terhadap orkemas terkait” Imbuhnya. (Darma)