IHDN DENPASAR MENJADI UNIVERSITAS HINDU NEGERI YANG PERTAMA

IHDN DENPASAR MENJADI UNIVERSITAS HINDU NEGERI YANG PERTAMA

Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar resmi beralih status menjadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Rektor IHDN Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., mengatakan perubahan status IHDN Denpasar menjadi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar ini, setelah dikeluarkannya peraturan Presiden (Perpres) 20/2020 tentang Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar telah ditandatangani Presiden Jokowi pada Jumat (23/1).

“Perubahan status ini sudah ditetapkan melalui Perpres dan tinggal menunggu penyerahan dari pemerintah pusat dan saya merasa bahagia dan bersyukur. Sebab, IHDN Denpasar dapat meningkat statusnya menjadi Universitas” kata Rektor IHDN Denpasar.

Rektor IHDN Denpasar menjelaskan dengan perubahan status ini tantangan UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar semakin besar. Terutama bagaimana dengan kehadiran UHN bisa memberikan kontribusi kepada umat. Khususnya masyarakat di Bali. Apa lagi, saat ini IHDN Denpasar dikenal sebagai Kampus Kerukunan.

Dijelaskannya Perpres ini menjadi momen bersejarah bagi umat Hindu di Indonesia. Karena dengan peningkatan status IHDN Denpasar menjadi Universitas Hindu Negeri, umat Hindu memiliki sebuah Universitas Hindu Negeri yang pertama. Tentu ini menandakan bahwa Presiden Jokowi memberikan perhatian khusus kepada lembaga pendidikan Hindu di Bali untuk meningkatkan kualitas SDMnya. Oleh karena itu, momen ini harus kita maknai bersama sebagai vibrasi menuju SDM Bali unggul ke depannya,”ujar Rektor IHDN Denpasar

Selaku rektor pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen/tokoh masyarakat Bali, Gubernur Bali, seluruh Bupati, khusunya Bupati Bangli yang telah merekomendasikan dan mendukung peningkatakan status IHDN Denpasar menjadi Universitas Hindu Negeri. Pihaknya juga berterima kasih kepada Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama, Menpan RB, Menkeu, Menkumham, dan stakeholder terkait. Sebab, capaian ini merupakan kerja keras semua pihak terkait.