Lokakarya Penyusunan Borang Akreditasi Institusi

Lokakarya Penyusunan Borang Akreditasi Institusi

Denpasar (PTIPD IHDN) — Sekitar 50 orang yang terdiri dari unsur pimpinan, pegawai dan dosen di lingkungan Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar mengikuti kegiatan Lokakarya Penyusunan Borang Akreditasi Institusi, Selasa-Kamis (28-30/11).

Kegiatan ini merupakan program yang diadakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, bertempat di Harris Hotel, Jl. H.O.S. Cokroaminoto dan dibuka secara resmi oleh Prof.Dr.Drs. I Made Surada, MA selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IHDN Denpasar.

Dr. Heny Perbowosari, S.Ag.,M.Pd yakni Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa “IHDN Denpasar sebagai lembaga pendidikan tinggi keagamaan Hindu dalam operasionalnya perlu terakreditasi sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia pendidikan terutama pendidikan tinggi sehingga dapat setara dengan pendidikan tinggi lainnya. Maka perlu diadakan Penyusunan Borang Akreditasi Institusi yang akan dipergunakan dalam peningkatan status IHDN Denpasar”, terangnya.

Menurut Dr.I Ketut Sudarsana, S.Ag.,M.Pd.H selaku Ketua LPM menambahkan “Akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) adalah proses penilaian terhadap institusi secara keseluruhan yang didasarkan pada standar akreditasi yang telah ditetapkan. Akreditasi dilakukan oleh BAN-PT terhadap semua perguruan tinggi di Indonesia. Tujuan dilaksanakannya akreditasi institusi perguruan tinggi adalah untuk mengetahui komitmen institusi terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen institusi” tambahnya.

Lokakarya Penyusunan Borang Akreditasi Institusi ini, Kamis (30/11) siang ditutup oleh Rektor IHDN Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. berikut dengan diserahkannya hasil semetara Borang Akreditasi Institusi. (k/d)