Meningkatkan Kualitas SDM Hindu Melalui Pembelajaran Ilmu Agama Berbasis KKNI

Meningkatkan Kualitas SDM Hindu Melalui Pembelajaran Ilmu Agama Berbasis KKNI

PTIPD Rabu (04-04-2018), Program S3 Pascasarjana IHDN Denpasar mengadakan kegiatan Stadium General dengan tema “Meningkatkan Kualitas SDM Hindu Melalui Pembelajaran Ilmu Agama Berbasis KKNI” Bertempat Di Aula Kampus Pascasarjana IHDN Denpasar Jl. Kenyeri Denpasar. Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Prof Dr. Ali Gufron Mukti, M.Sc., Ph.D. yang merupakan Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti dan Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes. yang merupakan Direktur Pascasarjana Universitas Udayana (Unud). Kegiatan Stadium General ini dibuka secara resmi oleh Rektor IHDN Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. dan  dihadiri oleh Direktur Pascasarjana IHDN Denpasar, Wakil Direktur, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan IHDN Denpasar.
Dalam sambutannya, Rektor IHDN Denpasar mengungkapkan bahwa kegiatan Stadium General ini merupakan salah satu persiapan menjadi universitas. Materi yang diperoleh dalam kegiatan ini dapat dijadikan bahan dalam persiapan perubahan IHDN menjadi Universitas yang sesuai dengan harapan masyarakat yaitu kampus yang berbasis agama dan ilmu pengetahuan. “IHDN dapat menjadi salah satu sumber saat masyarakat bertanya mengenai adat dan budaya Bali. Dengan demikian, dosen maupun mahasiswa harus senantiasa mengisi diri”, sambung rektor seraya mengakhiri sambutannya.
Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Ali Gufron Mukti, M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa sumber daya manusia yang berkualitas tidak hanya menguasai ilmu pendidikan dan filsafat, tapi juga ilmu agama agar menjadi lebih terarah dan juga dapat mengkontekskan agama dengan teknologi. Beliau juga menyampaikan dengan ilmu, hidup menjadi lebih mudah, dengan seni hidup lebih indah, dengan cinta hidup menjadi lebih bergairah, dan dengan agama hidup menjadi lebih terarah. Dengan demikian, IHDN diharakan dapat melahirkan manusia sempurna dan selalu menjadi inspirasi. Setiap SDM tidak cukup menguasai ilmu agama saja tapi juga harus menguasai perkembangan Ipteks dan juga memiliki kemampuan enterpreunership.
Kesiapan untuk menjadi universitas tidak hanya harus memiliki mahasiswa, tapi juga memiliki dosen yang hebat dan berkualitas. Dalam tayangan video disampaikan pesan terbuka mengenai profesi dosen. Dosen adalah profesi yang mengemban amanah dan berdiri sebagai solusi dengan berjuta gagasan. Perguruan tinggi memiliki peran yang penting dalam mebangun budaya dan karakter bangsa. Karakter yang dimaksud adalah karakter untuk bekerja keras, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas.
Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes. selaku pemateri kedua memberikan penguatan kembali bahwa SDM yang berkualitas dan berkarakter menentukan daya saing bangsa. SDM yang berkualitas merupakan sumber kekuatan dalam menunjang tercapainya program-program ataupun tujuan pendidikan. Beliau juga menekankan bahwa  SDM  Hindu yang memiliki daya saing harus mampu bekerja dalam tim, menguasai IT, memiliki karakter dan mandiri serta tangguh. Diakhir pamaparannya, disampaikan pula mengenai bagimana kaitan KKNI dalam peningkatan kualitas SDM Hindu. Afektif deskripsi umum KKNI  yaitu penguasaan rekayasa Teknologi, Penguasaan Sains, Sains rekayasa atau sains aplikasi dan penguasaan soft skills manajerial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *