Peletakan Batu Pertama Pembangunan Fakultas Dharma Duta di Kampus Bangli Oleh Rektor

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Fakultas Dharma Duta di Kampus Bangli Oleh Rektor

Rektor Institut Hindu Dharma Negeri (IDHN) Denpasar Rabu (10/10) , Prof. Dr. Drs.  I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si meletakkan batu pertama pembangunan gedung Fakultas Dharma Duta di Kampus  Bangli  Jalan Nusantara Kubu, Bangli.
Peletakan batu pertama juga dihadiri oleh  Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Dra. Relin DE, M.Ag, Dekan Fakultas Dharma Duta Dr. Dra. Ida Ayu Tary Puspa, M.Par dan  pejabat Struktural dan Non Struktural di lingkungan  IHDN Denpasar serta panitia pembangunan.

Peletakan batu pertama istilah balinya nasarin atau mulang dasar dijelaskan oleh I Gusti Ngurah Sudiana, adalah membangun suatu gedung harus dilaksanakan pada hari yang baik atau dewasa ayu sesuai peredaran planet dalam astrologi Hindu. Peletakan dasar ini dimaksudkan agar secara relegius bangunan gedung nantinya memiliki jiwa atau taksu. Harapannya bangunan memiliki dasar yang kuat sehingga mampu menyangga bangunan di atasnya. Yang disimbolkan dengan meletakkan batu bata merah yang berisikan gambar kurmagni (bedawang) atau kura-kura dan diisi tulisan aksara suci ang ah lambang akasa dan pertiwi atau langit dan bumi. “Melalui simbol tersebut juga memberikan aura yang baik sehingga dalam membangun tidak ada halangan atau hambatan dan bangunan menjadi baik dan bagus” . I Gusti Ngurah Sudiana berharap yang menempati gedung kelak dapat mendatangkan pengaruh baik untuk kemajuan IHDN Denpasar khususnya dan umumnya bagi umat Hindu di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *