Pembinaan Zona Integritas dan Pengendalian Internal IHDN Denpasar

Pembinaan Zona Integritas dan Pengendalian Internal IHDN Denpasar

PTIPD, Rabu (28-03-2018) Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar melaksanakan kegiatan pembinaan Zona Integritas dan Pengendalian Internal bertempat di Aula Kampus IHDN Jl. Ratna Denpasar. sebagai narasumber Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. Phil. H.M. Nur Kholis Setiawan, MA dan Inspektur investigasi Dr. H. Rojikin, SH., M.Si. yang dihadiri oleh Rektor IHDN Denpasar Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. beserta tenaga kependidikan dilingkungan IHDN Denpasar.

Zona integritas merupakan salah satu program yang dimaksudkan untuk mengakselerasi capaian sasaran reformasi birokrasi, yaitu pemerintahan yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien, serta kualitas pelayanan publik yang baik. Namun dalam perjalanan menuju pencapaian sasaran reformasi birokrasi, kendala sering kali dihadapi, diantaranya adalah penyalahgunaan wewenang, praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), dan lemahnya pengawasan.

Hal tersebut berimbas pada kepercayaan masyarakat kepada birokrasi yang semakin rendah. Oleh karena itu, setiap instansi pemerintah dirasa perlu untuk membangun pilot project pelaksanaan reformasi birorkasi yang dapat menjadi percontohan penerapan pada unit-unit kerja lainnya.

Terdapat dua kata kunci dalam zona integritas, yaitu integrity ataupun integritas dan island/zone atau pulau/kepualauan. Integrity atau integritas diartikan sebagai sikap ataupun budaya yang menunjukkan konsistensi antara perkataan dan perbuatan serta sikap untuk menolak segala tindakan tercela yang dapat merugikan diri dan instansinya. Adapun Zona atau Island digambarkan dengan unit-unit instansi pemerintah yang telah menanamkan nilai integritas di dalamnya.

Salah satu hal yang juga menjadi penekanan pada zona integritas adalah bahwa sangat memungkinkan lahirnya zona-zona/island-island baru yang juga ikut menerapkan sistem integritas di dalamnya. Munculnya island baru ini dimungkinkan melalui proses replikasi oleh unit instansi pemerintah lainnya kepada unit instansi pemerintah yang telah menanamkan sistem integritas terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *