PERPADUAN INDAH DALAM KEBERSAMAAN DALAM DHARMA ACARYA FESTIVAL (DAFEST)

PERPADUAN INDAH DALAM KEBERSAMAAN DALAM DHARMA ACARYA FESTIVAL (DAFEST)

Peringatan Hari Ulang Tahun Fakultas Dharma Acarya ke-XXVI dirayakan secara meriah dalam rangkaian kegiatan Dharma Acarya Festival (DAFEST) yang meliputi kegiatan masing-masing jurusan di Fakultas Dharma Acarya, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar. Kegiatan dalam rangkaian DAFEST diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) yaitu ESCO (English Competition) oleh HMJ Pendidikan Bahasa Inggris, ADVEST (Adi Vidya Festival) oleh HMJ PGSDH, PADI (Pekan Anak Usia Dini) oleh HMJ PGPAUDH, SINDU oleh HMJ Pendidikan Agama, HMJ Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama, dan PASEMAYA (Pagelaran Seni, Agama, dan Budaya) oleh Orkemas Fakultas Dharma Acarya.

Dharma Acarya Festival (DAFEST) dibuka pada tanggal 4 Mei 2019 yang diawali dengan English Competition, yaitu lomba Speech Contest dan Story Telling yang diikuti oleh peserta siswa SD dan SMP seluruh Bali dari tanggal 4 dan 5 Mei 2019. Selanjutnya dilaksanakan lomba cerdas-cermat, lomba mendongeng, lomba menyanyi, lomba membuat poster, dan lomba membaca puisi yang dikemas dalam acara ADVEST dari tanggal 6 dan 7 Mei 2019. Lomba mewarnai, lomba alat peraga edukatif (APE), lomba mantram Gayatri, dan lomba busana adat ke pura yang dikemas dalam acara PADI tanggal 10 Mei 2019.

HMJ Pendidikan Agama menyelenggarakan seminar tentang pendidikan agama pada tanggal 17 Mei 2019, serta PASEMAYA dengan rangkaian lomba MC Berbahasa Bali, Lomba nyurat aksara Bali di lontar, Lomba Micro Teaching, Lomba Penulisan Artikel Ilmiah, Lomba Cipta Puisi Bali Modern, Lomba Ulam Yadnya, Lomba Cerdas Cermat, Pemilihan Teruna Teruni Fakultas dan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Perguruan Tinggi se-Bali dari tanggal 18 sampai 23 Mei 2019.

Dalam kemeriahan Hari Ulang Tahun Fakultas Dharma Acarya juga dilaksanakan kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam bentuk Workshop Sitasi Ilmiah, Lomba Resensi Buku, dan Lomba Penulisan Artikel Ilmiah Berkelompok Dosen dengan Mahasiwa. Rangkaian acara Dharma Acarya Festival juga dimeriahkan dengan pemutaran beberapa film dari BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya), musik akustik dan pentas seni orkemas Fakultas Dharma Acarya, serta yoga asanas.

Rangkaian Dharma Acarya Festival dimeriahkan dengan acara jalan santai tanggal 24 Mei 2019 yang dilanjutkan dengan lomba karaoke, lomba lari berpasangan, dan lomba joged balon oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Dharma Acarya. Acara juga dimeriahkan dengan hiburan dari penampilan empat belas voluenteer band dari tanggal 18 sampai 25 Mei 2019, drama gong dari Sekdut binaan Dr. Drs. I Wayan Sugita, M.Si, tari kecak dari Gegutuk Menur, dan penampilan artis Pop Bali Bayu Cuaca, Lebri Partami, dan Leeyonk Sinatra dari tanggal 23 sampai 25 Mei 2019.

Dalam sambutan Rektor Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Prof.Dr.Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., mengapresiasi kegiatan kemahasiswaan dalam Dharma Acarya Festival. Beliau menekankan bahwa dalam tema kegiatan yang diusung, yakni Angedon Langȍ: Perpaduan Indah dalam Kebersamaan akan mengawal kampus IHDN Denpasar menjadi Universitas Hindu Negeri pertama di Bali. Beliau menekankan bahwa sebagai ikon kampus kerukunan akan mendukung kegiatan-kegiatan yang memberi manfaat bagi mahasiswa, fakultas, lembaga, dan masyarakat. Dekan Fakultas Dharma Acarya, Dr.Drs. I Wayan Sugita, M.Si., mengapresiasi kegiatan dalam Dharma Acarya Festival bahwa anak muda harus tetap berkarya dan berkreativitas karena generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Beliau berpesan agar kegiatan Dharma Acarya Festival agar lebih baik ke depannya. Ketua Panitia Dharma Acarya Festival Kepanitiaan Mahasiswa, Dewa Ayu Made Meyta Dwi Lestari, dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Dharma Acarya Festival dan berharap kegiatan Dharma Acarya Festival lebih baik ke depannya.

Acara perayaan Hari Ulang Tahun Fakultas Dharma Acarya ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan Fakultas Dharma Acarya, didampingi Rektor IHDN Denpasar, Dr. I Gede Sedana Suci, S.E.,M.Ag selaku Ketua Panitia Dharma Acarya Festival Kepanitiaan Dosen,. Acara ini dihadiri oleh oleh seluruh jajaran rektorat, panitia, dan seluruh dosen, pegawai, dan mahasiswa Fakultas Dharma Acarya yang dirangkaikan dengan acara penyerahan piala kepada para pemenang lomba, penampilan para pemenang lomba, pesta kembang api, dan penampilan Artis Pop Bali dari Leeyonk Sinatra sekaligus menutup acara Dharma Acarya Festival (DAFEST) tahun 2019.