Ingin Bertanya? +62361226656 [email protected]

Fakultas Dharma Acarya IHDN DENPASAR


IHDN DENPASAR

Keberadaan Fakultas Dharma Acarya dimulai dari didirikannya APGHN Denpasar pada 25 Mei 1993, melalui SK Menteri Agama No 58B tahun 1993.APGHN saat itumemiliki 2 program studi yaitu Diploma 2 dan Diploma 3 Pendidikan Agama Hindu.Seiring usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan Hindu, maka pada 3 Maret 1999 melalui Keputusan Presiden RI Nomor 20 Tahun 1999, APGHN memperoleh peningkatan status menjadi SekolahTinggi Agama Hindu Negeri Denpasar (STAHN). Dengan tidak mengenal lelah, STAHN Denpasar terus berbenah untuk mencapai status yang lebih tinggi. Atas berkat Sang Hyang Widhi, maka segala usaha ini terbayar lunas dengan terbitnya Peraturan Presiden No 1 Tahun 2004 mengenai Perubahan STAHN menjadiInstitut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Melalui PeraturanPemerintah No 1 tahun 2004 inilah secara administrasi FakultasDharma  Acarya lahir dengan dua jurusan, Yaitu Jurusan Pendidikan Agama Hindu dengan program studi pendidikan agama hindu dan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama dengan program studi sastra agama dan pendidikan bahasa bali. Kemudian padaTahun 2015, Fakultas Dharma Acarya mengembangkan lagi 2 jurusan pendidikan seiring dengan semangat PMA 56 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Hindu. Jurusan itu adalah jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Hindu dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu.

Visi

Fakultas Dharma Acarya memiliki visi "Terwujudnya Fakultas Dharma Acarya yang profesional, unggul, cerdas, kompetitif dalam Pendidikan Agama, Bahasa, Teknologi dan Seni".

Misi

  1. Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia dalam pendidikan dan keguruan yang berpijak pada nilai-nilai Agama Hindu

  2. Mewujudkan sumber daya manusia dalam pendidikan dan keguruan yang bermoral, bertanggung jawab serta berdaya saing.

  3. Meningkatkan kualitas penyelenggaran pendidikan dan keguruan dalam bidang agama, bahasa dan seni

  4. Meningkatkan kualitas penelitian dalam pendidikan dan keguruan bidang agama, bahasa dan seni

  5. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dalam pendidikan dan keguruan bidang agama, bahasa dan seni

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga yang profesional dan berkualitas di bidang Pendidikan dan keguruan yang berpijak pada nilai-nilai Agama Hindu.

  2. Menghasilkan sumber daya manusia dalam pendidikan dan keguruan yang bermoral, bertanggung jawab serta berdaya saing.

  3. Menghasilkan penyelenggaran pendidikan dan keguruan dalam bidang agama, bahasa dan seni yang berkualitas

  4. Menghasilkan penelitian dalam pendidikan dan keguruan bidang agama, bahasa dan seni yang berkualitas

  5. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam pendidikan dan keguruan bidang agama, bahasa dan seni yang berkualitas

Fakultas Dharma Acarya memiliki 3 Jurusan, yakni:

  1. Jurusan Pendidikan Agama. Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Jenjang: S1 (Strata Satu)

  2. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama. Program Studi Sastra Agama  & Pendidikan Bahasa Bali. Jenjang: S1 (Strata Satu)

  3. Jurusan Pendidikan Hindu terdiri dari 2 Program Studi, yakni: 1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu (PGSDH-Jenjang S1) dan  Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Hindu (PGPAUDH-Jenjang S1)       

    Fakultas Dharma Acarya memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Gedung (ruang kelas) terdapat di Denpasar, Bangli dan Singaraja, sehingga mahasiswa dapat memilih kelas sesuai situasi dan kondisinya. Di dalam ruangan kelas juga tersedia sarana belajar mengajar seperti white board , AC (air conditioner), dan LCD sehingga mahasiswa akan dapat melakukan proses belajar dengan baik dan nyaman. Proses belajar mengajar ini didukung oleh fasilitas seperti: perpustakaan, laboratorium (bahasa, upakara, komputer) dan fasilitas lainnya yang tersedia dalam kampus.