141 Orang Perebutkan 15 Kursi CPNS Dosen IHDN Denpasar

Jakarta (Kemenag) — Hari ini Kementerian Agama menggelar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tes digelar serentak di beberapa tempat, termasuk di Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN).

Rektor IHDN I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan tahun ini ada 15 kursi CPNS yang tersedia di kampusnya. Sementar total peserta yang mendaftar mencapai 141 orang.

“Sebenarnya IHDN membutuhkan dosen banyak, namun hanya mendapat jatah 15 orang tahun ini,” kata I Gusti Ngurah Sudiana saat dihubungi Humas, Senin (23/10).

I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan selamat mengikuti Seleksi CPNS kepada para peserta. Hari ini, ada 292 peserta yang hadir mengikuti proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS, IHDN sebanyak 141 orang, STAHN sebanyak 120 orang, STAKN sebanyak 31 orang.

“Sesuai amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang perubahan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang pokok-pokok Kepegawaian yang sekarang diganti dengan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara diperlukan PNS yang profesional”, kata I Gusti Ngurah Sudiana.

Disampaikan I Gusti Ngurah Sudiana, testing ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia PNS. Satu hal yang penting dan harus diperhatikan dalam mewujudkan kualitas SDM diawali dari rekrutmen yang objektif, transparan, dan akuntabel.

“Hal ini telah dilaksanakan oleh pemerintah mulai tahun 2014 sehingga hasil seleksi benar-benar merupakan hasil yang ketat dan terbuka”, tambah I Gusti Ngurah Sudiana.

Ada dua aspek ujian, yaitu: Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Penentuan nilai mengacu pada peraturan Menpan-RB Nomor 22 tahun 2017 terkait Karakter Pribadi, Intelengensi Umum, dan Wawasan Kebangsaan.

Sumber : Kemenag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *