IHDN Denpasar Bali

 

welcome to IHDN Denpasar
 
 
INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR

Berita IHDN Denpasar

Uji Kompetensi Awal (UKA) Guru Agama Hindu Se-Indonesia Tahun 2012
Puskom,28-04-2012

Sebanyak 1.088 orang guru agama Hindu dari seluruh Indonesia mengikuti Ujian Kompetensi Awal (UKA) di Kampus Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Sabtu (28/4) kemarin. Rektor IHDN Denpasar Prof. Dr. I Made Titib,Ph.D menyatakan UKA dilaksanakan secara serentak Sabtu kemarin bagi guru yang bernaung dibawah Kementerian Agama. UKA kata Prof. Titib merupakan ketentuan dari pemerintah pusat  bahwa sebelum dilaksanakan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) peserta wajib mengikuti UKA.



Dikatakan Prof. Titib, ada dua hal penting dalam UKA, yakni guna mengetahui dan mengukur kompetensi akademik guru berupa penguasaan mata pelajaran dan kompetensi pedagogik. Dari UKA akan dapat diketahui dimana kelemahan dan kompetensi mana yang harus ditingkatkan dari para guru agama Hindu. “Jika dari hasil test, peserta tinggi nilai kompetensi pedagogik, maka kompetensi akademik yang akan ditingkatkan. Demikian pula sebaliknya, kompetensi padagogik ditingkatkan bilamana dari hasil test akademik ternyata masih rendah,” ujar guru besar Bidang Veda ini.



Dari pelaksanaan PLPG yang akan berlangsung sekitar sepuluh hari di IHDN Denpasar, ada empat kompetensi yang akan ditekankan dan ditingkatkan dari guru agama yakni, kompetensi akademik, kompetensi pedagogik, kepribadian guru dan jejaring sosial. Jejaring sosial berupa kemampuan kerjasama guru dengan sesama guru, dengan atasan maupun dengan para siswa. Empat kompetensi ini menjadi sangat penting yang akan ditingkatkan bagi para guru agama melalui PLPG.



Dari sebanyak 1.088 guru agama Hindu, sebanyak 361 orang berasal dari luar Bali, dimana sebanyak 62 orang berasal dari Palangkaraya. Selain itu juga ada yang berasal dari Papua, Medan dan berbagai daerah di Indonesia. Untuk meningkatkan pelayanan, peserta dari luar Bali akan mengikuti PLPG angkatan I dan II yang akan berlangsung mulai Minggu (29/4) hari ini, agar mereka tidak perlu kembali ke daerah asal guna menunggu PLPG. Sementara itu, mahasiswa IHDN diliburkan demi kepentingan nasional, berupa pendidikan dan peningkatan kompetensi guru agama Hindu.



Mengingat padatnya jadwal pelaksanaan PLPG, Rektor IHDN Denpasar menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik, dan menjaga kesehatan agar mampu mengikuti materi secara optimal. Dikatakannya, peran guru agama Hindu sangat luar biasa dalam meningkatkan sumber daya manusia Hindu di nusantara, sehingga guru agama Hindu hendaknya mendapat pelayanan secara baik. “Keberhasilan PLPG bukan saja terletak pada sertifikat kelulusan, tetapi juga kepentingan umat secara umum. Guru agama Hindu kita adalah aset sekaligus harapan segenap umat. Jika mereka memiliki kompetensi yang sangat baik, maka secara otomatis akan mampu meningkatkan pembelajaran agama dan membangun karakter baik generasi muda,” harapnya.



Ketua Panitia PLPG Dr. I Nyoman Linggih,M.Si mengatakan pihaknya siap melayani para guru agama Hindu dalam proses PLPG ini. Dekan Fakultas Dharma Acarya ini juga meminta kerjasama dari seluruh peserta agar pelaksanaan PLPG ini berlangsung dengan baik. Panitia PLPG merupakan dosen dan pegawai IHDN, sementara  asesor berasal dari IHDN dan UNHI. “Kami meminta kerjasama semua pihak, panitia, para asesor dan peserta demi kepentingan nasional, yakni meningkatnya kompetensi guru agama Hindu,” ujarnya.

 
Informasi Detail

MAIN MENU

INFORMASI KAMPUS
Sutramiani,22-10-2014

    Fakultas Dharma Acarya menyelenggarakan Seminar Nasional pada hari Selasa, 21 Oktober 2014. Acara ini

Sutramiani,22-10-2014

    Menyongsong Dies Natalis IHDN Denpasar ke-10, UKM Tari dan Tabuh IHDN menyelenggarakan Lomba Seni Tari dan Tabuh guna

Panitia Karya,29-06-2014

IHDN DENPASAR

 

 

Copyright © 2011 PUSKOM Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Email : [email protected] / [email protected]
Telp/fax. +62361226656